Sabtu, 30 April 2016

Ketahuilah 14 Makanan Sehat Bagi Penderita Gastroenteritis

Post oleh : robi gaspar | Rilis : 00.07.00 | Series :
Selamat berkunjung kemabli di halaman blog seputarduniakesehatan.blogspot.co.id , pada kesempatan yang sangat berbahagia ini kami akan menginformasikan kepada anda mengenai berbagai macam sumber makanan sehat untuk penderita penyakit Gastroenteritis.Maka dari itu tidak perlu waktu lama lagi,simak ulasan lengkapnya berikut ini.,-Ketahuilah 14 Makanan Sehat Bagi Penderita Gastroenteritis

Ketahuilah 14 Makanan Sehat Bagi Penderita Gastroenteritis


Ketahuilah 14 Makanan Sehat Bagi Penderita Gastroenteritis

Ketahuilah 14 Makanan Sehat Bagi Penderita Gastroenteritis,-Mendengar namanya saja mungkin kebanyakan orang akan asing dan tidak mengetahui mengenai penyakit ini,karena penyakit yang satu ini sebenarnya banyak sekali sebutannya dari muli flu perut,flu usus bahkan flu lambung,dan ada juga yang bilang penyakit ini adalah diare.Memang benar penyakit ini merupakan diare akan tetapi bukan berarti penyakit ini adalah diare karena diare yang terjadi pada penyakit ini adalah sebuah gejala.Untuk itu lebih baik agar senantiasa selalu menjaga asupan pola makan dengan benar,nah berikut ini ada beberapa sumber makanan sehat yang cocok di konsumsi oleh penderita Gastroenteritis :

  • Buah Pisang
Pisang merupakan jenis buah-buahan yang lembut dan lunak ketika dikonsumsi serta dapat membantu menenangkan sistem saluran pencernaan yang terganggu ketika proses pembentukan feses. Berikut beberapa kandungan yang terdapat didalam pisang :
  1. Potasium : Kadar potasium yang tinggi dapat mengganti cairan elektrolit yang keluar bersama feses ketika diare.
  2. Pectin atau Serat Soluble : berfungsi untuk membantu terserapnya cairan didalam usus dan merangsang gerak isi perut (stool)
  3. Inulin : yakni merupakan zat prebiotic yang dapat membantu berkembangnya bakteri baik pada usus.

  • Buah Apel
Apel merupakan jenis buah-buahan padat yang perlu dicerna lebuh lanjut didalam sistem pencernaan. Untuk itu ketika seorang mengalami diare sebaiknya mengkonsumsi apel olahan seperti saus apel guna memperoleh manfaat dari kandungan pectin, glukosa serta zat lain yang mempu mengurangi gejala diare. Usus pada penderita diare terlalu lemah untuk menyerap apel yang dikunyah dalam keadaan segar tanpa diolah atau dihaluskan terlebih dahulu. Selain itu, kandungan antioksidan yang terdapat didalamnya mampu mengusir partikel jahat didalam tubuh.

  • Buah Bluberries
Bluberries merupakan jenis buah-buahan yang mempunyai manfaat untuk mengatasi gejala diare dimana tubuh akan mengalami kekurangan cairan. Dengan mengkonsumsi buah bluberries maka bebarapa kandungan yang terdapat didalamnya dapat meredakan gejala tersebut. Untuk memperoleh manfaat sebagai pereda diare sebaiknya bluberries diolah menjadi teh yang telah ditumbuk sebelumnya atau bisa dikonsumsi dalam keadaan kering.Berikut kandungan pada buah bluberries :
  1. Tannins : berfungsi sebagai astringent yang mampu membuat jaringan mengalami kontraksi, meminimalisir peradangan, dan membantu proses keluarnya cairan dan lendir yang bersifat toksit terhadap tubuh.
  2. Anthocyanosides : berfungsi sebagai anti bakteri dan merupakan salah satu sumber antioxidant
  3. Serat soluble / pectin : membantu proses terserapnya cairan didalam usus

  • Wortel
Wortel merupakan jenis sayur-sayuran yang kaya akan nutrisi dan sangat baik untuk sistem pencernaan. Selain itu, kandungan vitamin yang terdapat pada wortel dapat meredakan kondisi usus yang tidak normal akibat diare. Ada beragam cara untuk mengkonsumsi wortel yang dapat dijadikan sebagai asupan kebutuhan nutrisi dari sayur-sayuran selama diare. Sebaiknya mengolah wortel dengan cara direbus atau dihaluskan menjadi sebuah jus supaya sistem pencernaan tidak kewalahan saat memprosesnya didalam usus.

  • Jahe
Jahe merupakan bahan minuman penghangat tubuh yang dapat membuat tubuh menjadi lebih nyaman. Kondisi perut ketika diare tentu saja sangat mengganggu kesehatan sistem pencernaan menjadi tidak stabil, untuk itu konsumsil jahe dengan dalam bentuk minuman atau dikunyah dalam keadaan utuh sebagai penstabil usus ketika diare. Tambahkan madu jika jahe tersebut diolah menjadi minuman untuk memberi rasa manis.

  • Nasi
Nasi merupakan menu utama bagi kebanyakan orang di negara Asia. Namun terlepas dari fungsinya sebagai asupan karbohidrat sehari-hari ternyata nasi juga dapat membantu proses terbentuknya feses atau tinjau didalam usus serta memadatkannya. Akan tetapi nasi merah dan nasi hitam ternyata tidak baik dikonsumsi ketika diare karena kandungan serat yang tinggi didalamnya.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya : Pengobatan Untuk Sembuhkan Gastroenteritis

  • Kentang
Kentang merupakan jenis makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan sangat baik dikonsumsi ketika diare. Pada umumnya kentang ini dijadikan pilihan alternatif ketika tidak dapat mengkonsumsi nasi karena sebab tertentu. Cara pengolahannya tidak boleh menggunakan minyak untuk menggoreng karena kandungan gizi dan nutrisi didalamnya akan hilang sedangkan minyak itu sendiri akan memperparah kondisi tubuh ketika diare.

  • Roti Panggang
Roti merupakan salah satu sumber energi karena kandungan karbohidrat dari bahan yang dipakai untuk membuatnya. Gandum olahan yang terdapat didalamnya mengandung karbohidrat yang dapat memberikan energi pada tubuh.

  • Biskuit
Biskuit yang terbuat dari gandum olahan dapat dijadikan camilan alternatif ketika mengalami diare. Selain menambah asupan energi dalam tubuh, kandungan sodium atau garam didalamnya dapat mengembalikan keseimbangan kadar cairan elektrolit (electrolyte) didalam tubuh.

  • Sereal
Sereal merupakan jenis olahan makanan yang mengandung zat pati dimana zat tersebut dapat membantu meredakan gejala diare. Kandungan beberapa zat didalamnya membuat usus mudah untuk mencernanya. Selain itu, jenis makanan ini juga sangat disukai dan dijadikan menu tambahan selain nasi.

  • Yogurt
Yogurt mengandung probiotik alami yang dibutuhkan oleh tubuh dalam mengurangi dan menghambat perkembangan bakteri jahat didalam sistem pencernaan. Olahan susu fermentasi ini tentu tidak akan memperparah gajala diare pada penderita yang mengalami alergi susu. Bahkan yogurt dapat meredakan gejala diare dan mengurangi bakteri jahat penyebab diare dari dalam tubuh.

  • Makanan Rendah Serat
Makanan rendah serat dapat menahan keluarnya cairan dari dalam tubuh secara berlebihan. Pada umumnya makanan kaya serat dianjurkan untuk dikonsumsi sehari-hari untuk menjaga dan melancarkan buang air besar akan tetapi ketika terkena diare sangat tidak dianjurkan mengkonsumsi makan berserat tinggi seperti agar-agar, beberapa kategori sayur mayur dan buah-buahan yang dapat memperburuk kondisi serta bertambah lamanya gejala diare tersebut.

  • Makanan yang Tinggi Natrium
Makanan yang tinggi natrium disini yakni merupakan segala jenis makanan bahkan minuman yang mempunyai kadar garam tinggi. Kadar garam elektrolit tersebut dapat mengganti cairan yang hilang dan menyeimbangkan kadar cairan elektrolit didalam tubuh.

  • Makanan Rendah Lemak
Makanan yang rendah lemak sangat baik dikonsumsi ketika diare karena lemak jenuh dapat memperburuk kondisi tubuh yang melemah akibat kehilangan cairan secara berlebihan. Hindari makanan berupa gorengan dan santan kental ketika diare.

Itulah sobat kesehatan beberapa makanan sehat yang dsangat cocok sekali di konsumsi oleh para penderita penyakit gastroenteritis untuk membantu proses penyembuhan penyakit ini secara lebih maksimal dan tentunya sampai benar-benar mengobati secara tuntas.Segala apapun jenis penyakit yang sedang anda derita baik itu penyakit yang krionis,non kronis,dan degetatif masih bisa untuk kita cegah yakni dengan menerapkan pola hidup sehat.,-Ketahuilah 14 Makanan Sehat Bagi Penderita Gastroenteritis

Terimakasih Atas Kunjungannya,Semoga Informasi Ini Bermanfaat Untuk Kita Semua

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

Tanda Dan Gejala Terkena Penyakit GERD
Tanda Dan Gejala Terkena Penyakit Kanker Lambung
Ketahuilah 8 Bahan Alami Untuk Memutihkan Ketiak Hitam

Post By Seputar Duni Kesehatan

Ketahuilah 14 Makanan Sehat Bagi Penderita Gastroenteritis

google+

linkedin